Tipe Data pada Visual Basic

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai tipe data pada visual basic dalam bahasa pemrograman. Apa itu tipe data? fungsinya apa? yuk lah simak penjelasan berikut. 



Untuk menulis program dengan suatu bahasa pemrograman tertentu, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu data apa saja yang dibutuhkan dalam program beserta tipe dari data tersebut. data mewakili angka, karakter, dan simbol-simbol lain yang berfungsii sebagai masukan untuk proses komputer. Setiap data pasti memiliki tipe data, misalnya angka, karakter, dan sebagainya. Dalam dunia pemrograman, yang dimaksud tipe data adalah sesuatu yang merepresentasikan jenis dari suatu nilai tertentu. Tipe data juga dapat diartikan pengelompokan data berdasarkan isi dan sifatnya. Misalnya nilai 5 adalah nilai yang bertipe bilangan bulat, nilai 10, 15 merupakan nilai yang bertipe bilangan rill, dan ‘X’ merupakan nilai yang bertipe karakter.
Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumber daya komputer (terutama memori komputer). Penentuan tipe data yang salah dapat menyebabkan nilai yang dihasilkan tidak akurat. Pemilihan tipe data yang tepat sangat bermanfaat dalam hal penghematan memori, kecepatan proses, dan ketelitian dalam perhitungan.
Salahsatu tugas penting seorang programer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan efektif. Pada kondisi default, Visual Studio akan menggunakan tipe data variant. Tipe data variant secara otomatis akan dipasang apabila Anda tidak menentukan tipe data suatu variabel.
Visual basic. Net mengenai tipe-tipe data secara default sudah ada dalam program Visual Studio. Visual Studio menyediakan beberapa tipe data antara lain sebagai berikut.

Tipe

Ukuran Byte

Jangkauan

Byte

1 byte

0 s.d 255

Short

2 byte

-32.768 s.d 32.767

Integer

2 byte

-2.147.483.648 s.d 2.147.483.648

Long

4 byte

-9.223.372.036.854.775.808 s.d 9.223.372.036.854.775.807

Single

4 byte

Negatif = -3.402823E+38 s/d -1.401298E-45

Positif = 1.401298E-45 sampai 3.402823E+38

Double

8 byte

SE-324 s.d 1.8E+10308

Decimal

16 byte

0 s.d 28

Boolean

2 byte

True (Benar) atau False (Salah)

Date

8 byte

1 Januari 100 s.d 31 Desember 9999

Char

2 byte

1 Karakter

String

1 byte per karakter

0 s.d milyar karakter


Berikut penjelasan jenis tipe data dalam Visual Basic
1. Tipe Data Numerik
Tipe data numerik adalah tipe data digunakan untuk mendeklarasikan variabel yang akan selalu diisi nilai numerik sehingga dapat digunakan untuk operasi matematika. Tipe data numerik secara umum dapat digunakan untuk menentukan ruang penyimpanan dalam memori dari pada menggunakan tipe data variant. Misalnya jika Anda ingin mengetahui bahwa variabel yang dibuat akan digunakan untuk menyimpan  angka bulat (seperti 20) dan tidak untuk menyimpan angka pecahan (seperti 3.28), maka lebih baik mendeklarasikan variabel tersebut dengan tipe data integer atau long. Pada saat aplikasi berjalan, data integer akan diproses lebih cepat dan tipe data ini hanya membutuhkan memori yang kecil dibandingkan menggunakan tipe data yang lain. Visual basic menyediakan beberapa tipe data numerik, antara lain integer, long, single, double, dan currency.
a. Integer (bilangan bulat)
Bilangan bulat adalah bilangan yang tidak mengandung angka pecahan, misalnya -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, dan sebagainya.

b. Float/double (bilangan rill) 
Bilangan rill adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya 4.53, 7.333, dan sebagainya, tang termasuk ke dalam tipe data ini adalah float, double, dan long double.

c. Currency
Tipe data currency oleh Visual Bassic sudah disiapkan untuk mata uang negara-negara yang di-support oleh windows. Setting mata uang bisa dilakukan melalui pilihan Regional Setting pada Control Panel.

Baca juga : Sistem Operasi

2. Tipe data String (Karakter) 
Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk mendeklarasikan variabel yang akan selalu diisi dengan data teks dan tidak akan diisi dengan nilai numerik.
Contoh :
Anda juga bisa memberikan teks pada variabel tersebut dan mengolahnya dengan menggunakan fungsi teks. Contohnya sebagai berikut.
Secara default, suatu variabel atau argumen string adalah suatu variabel teks yang panjang. Teks mengembang atau menyusut sesuai dengan data baru yang dimasukkan dalam variabel tersebut. Anda juga dapat mendeklarasikan teks yang memiliki panjang teks tertentu dengan menggunakan bentuk penulisan sebagai berikut.
Sebagai contoh, untuk mendeklarasikan suatu data teks yang selalu memiliki panjang karakter 50, gunakan bentuk penulisan kode program berikut.
Fungsi String adalah untuk mencari atau memanipulasi data string. Berikut ini kumpulan sebuah fungsi yang dicantumkan di dalam pemrograman Visual Basic Net.

Method

Keterangan

Ascw

Mengembalikan nilai Integer yang mewakili kode karakter yang sesuai dengan karakter.

ChrW

Mengembalikan karakter yang terkait dengan kode karakter yang ditentukan.

Filter

Mengembalikan array berbasis nol yang berisi subset dari array String berdasarkan kriteria filter yang ditentukan.

Format

Mengembalikan string yang diformat sesuai instruksi yang ada dalam format String expression.

FormatCurrency

Mengembalikan string yang diformat sesuai instruksi yang ada dalam format String expression.

Format DateTime

Mengembalikan ekspresi string yang mewakili nilai tanggal / waktu.

Format Number

Mengembalikan sebuah ekspresi yan diformat sebagai sebuah angka.

Join

Mengembalikan string yang dibuat dengan menggabungkan sejumlah substring yang ada dalam array.

Left

Mengembalikan string yang berisi sejumlah karakteryang ditentukan dari sebuah string.

Mid

Mengembalikan string yang berisi sejumlah karakter yang ditentukan dari sebuah string.

Replace

Mengembalikan string dimana substring tertentu telah diganti dengan substring lain dalam jumlah tertentu.

Right

Mengembalikan string yang berisi sejumlah karakter dari sisi kanan sebbuah string

Space

Mengembalikan string yang terdiri dari sejumlah ruang yang ditentukan.

Split

Mengembalikan array satu dimensi berbasis nol yang berisi sejumlah substring tertentu.

Trim

Mengembalikan string yang berisi salinan string tertentu tanpa spasi utama atau belakang.

Ucase

Mengembalikan string atau karakter yang berisi string yang ditentukan diubah menjadi huruf besar.


3. Tipe data boolean
Jika memiliki suatu variabel yang akan diisi dengan nilai/informasi true/false, yes/no, atau on/off, anda dapat mendeklarasikannya ke tipe data booleaan. Nilai default boolean adalah false. Pda contoh berikut, blnRunning adalah sebuah variabel boolean yang digunakan untuk menyimpan nilai yes/no.

4. Tipe data variant 
Suatu variabel dengan tipe data variant mampu digunakan untuk menyimpan semua tipe data yang didefinisikan oleh sistem. Anda tidak perlu mengubah tipe data untuk variabel data yang bertipe varian, karena Visual Basix secara otomatis akan memberikan tipe data tersebut.
contoh : 
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan operasi pada data variabel bertipe variant tanpa memperhatikan jenis data yang diisikan, yaitu sebagai berikut.
a. Jika menggunakan operasi aritmatika atau fungsi matematika pada suatu variant, variant harus berisi sesuatu nilai.
b. Jika ingin menggabungkan data teks, lebih baik menggunakan operator “&” daripada menggunakan operator “+”.

Itulah beberapa penjelasan mengenai persiapan instalasi jaringan nirkabel, Jangan Lupa untuk Follow Web akan ada artikel-artikel yang nantinya selalu up to date untuk kita semua dan jangan lupa berikan Saran Kritik yang membangun ya, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar