Mengidentifikasi Kebutuhan Spesifikasi Perancangan WAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai Spesifikasi yang akan digunakan untuk merancang WAN.


Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam proses identifikasi kebutuhan antara lain jenis layanan yang diberikan jaringan, skalabilitas (seberapa besar jaringan yang akan dibuat dan apakah ada rencana diperluas), kondisi ruangan atau gedung, media transmisi yang akan digunakan, bandwidth yang akan digunakan, topologi dan protokol yang akan dipakai, ketersediaan perangkat keras, pemilihan server dan perangkat lainnya seperti hub, router sampai membahas alokasi biaya pengadaan sistem jaringan.


Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diidentifikasi, selanjutnya adalah melakukan analisis kebutuhan untuk merancang jaringan sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

1. Penentuan Aktivitas Bisnis (layanan yang akan diberikan).
Kita harus menentukan tujuan dari pembuatan jaringan sebelum memulai membangunnya, jika memang kita menggunakan cakupan media pengiriman yang besar kita bisa mengoptimalkan kecepatan layanan kita dengan menggunakan kabel fiber optik.

2. Skalabilitas jaringan
Skalabilitas adalah seberapa besar kemampuan jaringan untuk berkembang, dikarenakan adanya pertumbuhan jumlah pengguna, aplikasi, node tambahan, dsb. rencana skalabilitas harus ditentukan pada awal desain jaringan agar ketika terjadi pertumbuhan jaringan yang mengharuskan untuk melakukan pengembangan jaringan, kita tidak perlu mengubah semua sistem jaringan yang telah kita buat.

3. Pemilihan Topologi Jaringan


Topologi mempunyai terminologi sebagai aturan (rules) bagaimana komputer (node) terhubung secara fisik dapat saling berkomunikasi menggunakan media transmisi data. 

4. Penentuan Bandwidth
Bandwidth (lebar pita) merupakan suatu perhitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi, dengan satuan bits per seconds (bit per detik). Manajemen bandwidth adalah proses pengalokasian saluran yang digunakan untuk prose unduh maupun unggah agar kualitas layanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik.

Manfaat melakukan manajemen bandwidth antara lain yaitu :
  1. Semua komputer dapat menggunakan internet dengan lancar dan stabil meskipun semua unit komputer menggunakan internet dalam waktu yang bersamaan.
  2. Semua bagian unit komputer mendapatkan bandwidth sesuai dengan kebutuhan koneksi internet. 
  3. Memaksimalkan bandwidth di semua unit komputer.
  4. membantu administrator dalam mengontrol bandwidth.
5. Menentukan layanan jaringan
Ada banyak penerapan teknologi jaringan WAN pada layanan WAN oleh ISP atau jasa layanan koneksi WAN, yaitu :
  1. PSTN (Public Switched Telephone Network) adalah teknologi awal dan dipakai secara luas di seluruh dunia dalam komunikasi WAN. PSTN adalah teknologi jaringan WAN dalam jaringan circuit switched. teknologi ini berbasis dial up menggunakan kabel telepon.
  2. Leased line adalah jenis khusus dari teknologi jaringan WAN yang menggunakan suatu koneksi langsung yang bersifat permanen antara peranti yang berkomunikasi dan memberikan suatu koneksi konstan dengan kualitas layanan koneksi. akan tetapi leased line lebih mahal dibandingkan dengan sambungan PSTN.
  3. X.25 dispesifikasikan oleh ITU-T sebagai suatu teknologi jaringan WAN paket switching melalui jaringan PSTN, X.25 dibangun dengan merujuk pada data link layer dan physical layer pada referensi model OSI.
  4. Frame relay adalah salah satu teknologi jaringan WAN dalam paket switching, yaitu suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi. 
  5. jaringan ISDN terdiri dari jaringan ISDN BRI maupun jaringan ISDN PRI. ISDN / Integrated Service Digital Network mendefinisikan standar pada penggunaan line telepon untuk kedua transmisi, baik analog maupun digital. 
  6. Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknologi jaringan WAN dengan koneksi berkecepatan tinggi menggunakan sistem paket switched dari kecepatan 155Mbps sampai dengan 622Mbps. ATM dapat mentransmisikan data secara simultan, suara digital, dan sinyal video digital melalui jaringan LAN dan WAN. 
6. Menentukan peralatan jaringan
contoh pembuatan daftar peralatan jaringan dalam sebuah jaringan WAN, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, yaitu sebagai berikut 

PERANGKAT KERAS

PERANGKAT LUNAK

Komputer (Client dan Server)

Sistem Operasi (OS)

Router

Sistem Operasi Jaringan

Switch

Database Server

Hub

Web Server

Ethernet Card

Web Browser

Repeater

NAT


Itulah beberapa point penting saat kita akan merancang sebuah jaringan WAN pada perusahaan, Jangan Lupa untuk Follow Web akan ada artikel-artikel yang nantinya selalu up to date untuk kita semua dan jangan lupa berikan Saran Kritik yang membangun ya, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar