Mengenal Jeroan Komputer (Hardware)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai jeroan-jeroan Komputer, bagi pemula yang ingin belajar mengenai service komputer atau ingin merakit komputer, harus mengetahui Perangkat Keras/hardware yang membentuk Komputer.


Jika kita ingin merakit komputer sesuaikan budget Anda dan Kebutuhan Anda, tetapi jika mempunyai budget yang lebih bisa menggunakan spesifikasi gaming dengan harga sekitar 15 juta itu sudah lebih dari cukup. (pesannya juga bisa di Saya)

Ada beberapa Jeroan Komputer yaitu : 
1. MotherBoard / MainBoard : mempunyai fungsi sebagai tempat bebagai komponen elektronik yang saling terhubung pada sebuah PC. Selain itu, motherboard juga memiliki chip bios atau program penggerak, jalur serta konektor untuk menghubungkan masing-masing perangkat. Nama kasarnya yaitu adalah ibunya komputer dari kata Mother.

2. Processor (otaknya komputer) : sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Intel mengeluarkan prodak terbarunya dengan Intel Core i9 generasi ke 10 dan AMD mengeluarkan produk terbarunya yaitu AMD Ryzen series 3000.


3. Headsink : merupakan komponen yang digunakan pada komputer maupun laptop yang mempunyai fungsi utama untuk mendinginkan komponen tertentu yang berusaha untuk dilindungi. Heatsink merupakan alat pengendali panas pasif yang menyerap panas yang dipancarkan atau dihasilkan oleh komponen elektronik kemudian dipindahkan ke media fluida di sekitarnya, bisa berupa udara maupun cairan. Umumnnya heatsink juga dilengkapi dengan kipas untuk membantu proses pendinginan.
Komponen pada komputer dan laptop yang umumnya dilengkapi heatsink adalah processor (CPU) dan kartu grafis (VGA). Namun pada komputer-komputer spesifikasi tinggi / server tidak jarang pengguna juga menambahkan heatsink pada bridge dan RAM.

4. Liquid CoolerLiquid Cooling System pada dasarnya adalah radiator untuk prosesor di dalam komputer. Sama seperti radiator untuk mobil, sistem pendingin cair akan menyalurkan cairan melalui heat sink yang terpasang pada prosesor. Jadi bebas ingin menggunakan Headsink atau Liquid Cooler, bedanya biasanya untuk harga Liquid Cooler lebih mahal.

5. RAM (Random Acces Memory)untuk membantu kinerja komputer kita agar bisa menyimpan data secara sementara selain itu RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka komputer akan semakin cepat dalam prosesnya.

6. HDD (Hard Disk)perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik.

7. SSD (Solid State Drive) : Perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data seperti hardisk (HDD : Hard Disk Drive) namun konstruksinya seperti USB Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori. Otomatis jika dibandingkan antara HDD dan SSD jauh lebih cepat SSD.

8. VGA (Video Graphics Array)berfungsi memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada layar komputer dan mampu untuk menerjemakan sebuah output dari sebuah komputer ke monitor. VGA yang terbaru saat ini (2020) dengan versi RTX dari Intel. Beda hal dengan AMD Radeon mengeluarkan Series 2019. VGA Card sangat penting jika kita membutuhkan Software yang sering menampilkan grafis yang berat dan ciamik maka otomatis VGA dibutuhkan bagi Desainer, Arsitek, Animator, Ilustrator, Gamer dst.

Baca juga : Peta Minda

9. PSU (Power Supply)Fungsi Power Suppley yang paling pokok adalah untuk mengaliri arus listrik untuk komponen-komponen atau hardware pada komputer dengan arus DC (arus searah), arus listrik yang masuk ke dalam power supply berupa arus AC (arus bolak-balik) kemudian dikonverter (dirubah) menjadi arus DC (arus searah).

10. Kabel SATA (Serial Advanced Technology Attachment) : pada komputer yang didesain biasanya untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer. Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun menambah device selama operasi, kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan udara dapat efisien, dan banyak keunggulan lainnya. SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. SATA perkembangan dari model sebelumnya yaitu ATA yang berukuran lebih besar dari pada kabel SATA, tetapi kebanyakan komputer saat ini sudah menggunakan kabel SATA.

12. Fan : Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau HDD/SSD. Ingat semakin banyak Fan maka otomatis daya yang diambil pada PSU juga semakin banyak, maka dari itu perhitungkan kembali untuk pengeluaran daya dari setiap spesifikasi perangkat lain.

Itulah Jeroan-Jeroan Komputer yang sangat penting, di atas adalah gambar-gambar jeroan terbaru saat ini di tahun 2020, mungkin nanti seiring berjalannya waktu dan tahun otomatis perubahan akan berbeda. Jangan Lupa untuk Follow Web dan berikan Saran Kritik yang membangun.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar