Komunikasi Daring / Online

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai Apa fungsi Komunikasi Daring (Online) beserta kelemahannya dan kelebihannya.

Komunikasi daring atau yang biasa disebut sebagai komunikasi online mungkin secara tidak sadar sering kita lakukan sehari-hari. Komunikasi jenis ini terdiri dari dua kata, yaitu “komunikasi” dan “daring”. 

Kata komunikasi berarti melakukan hal tertentu yang berkaitan dengan penggunaan informasi yang seragam agar bisa menyampaikan maksud kepada orang lain secara jelas. Sedangan daring berarti berada dalam dunia maya atau dunia semu.


Sehingga komunikasi daring berarti sebuah metode hubungan dengan orang lain yang dilakukan melalui dunia maya agar bisa menyampaikan suatu maksud tertentu. Selain itu, juga dapat diartikan sebagai proses pemindahan informasi dari orang satu ke orang lain melalui jaringan internet. Jenis komunikasi yang satu ini juga sering disebut dengan cyberspace.

Komunikasi Daring saat ini sangat diminati banyak orang karena di situasi seperti ini dengan adanya COVID-19 banyak masyarakat mau tidak mau harus menggunakannya untuk meeting/rapat dengan rekan kerjanya. 

Kelebihan dari Komunikasi Daring (Online) 
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, tidak heran jika cyberspace lebih diminati terutama bagi kaum millenial. Berbagai kelebihan di bawah ini menjadi latar belakangnya : 
  1. Sangat menghemat waktu dan biaya
  2. Memudahkan proses interaksi jarak jauh
  3. Sebagai sarana perdagangan online
  4. Sebagai sarana riset bagi para ilmuan
  5. Menjadi media hiburan yang cukup interaktif
Kelemahan dari Komunikasi Daring (Online) 
Berbagai kelamahan / kekurangan dari Komunikasi Daring (Online) di bawah ini yaitu : 
  1. Tidak mewakili emosi pengguna, Intonasi bicara, gerakan tubuh, raut muka adalah hal sulit dipahami oleh keduanya.
  2. Memerlukan perangkat khusus, dalam pemakaiannya, komunikasi daring harus ada perangkat hardware dan software.
  3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting, Dalam komunikasi daring, sering kali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak sehingga membuat bingung si pembaca.
  4. Menyita konsentrasi, Melaksanakan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
Jenis-Jenis Komunikasi Daring (Online) 
Ada 2 jenis komunikasi daring yaitu : 
1. Komunikasi Daring secara Sinkron
Sinkron adalah istilah yang berkaitan dengan ketepatan antara suatu hal dengan yang lainnya. Komunikasi online yang bersifat sinkron memiliki arti sebagai jenis komunikasi yang real time, bersamaan dengan orang lain.

Jadi, waktu yang digunakan oleh kedua pihak untuk melakukan komunikasi atau pemindahan informasi terjadi bersamaan. Kedua pihak tersebut pun bisa langsung bercakap-cakap dengan atau tanpa bertatap muka.

Contoh Komunikasi daring sinkron :
a. Text messaging
Chatting atau text messaging adalah salah satu metode komunikasi online yang bisa dilakukan secara bersamaan. Pihak yang satu menuliskan pesan yang ingin disampaikan melalui aplikasi SMS ataupun berbagai aplikasi chatting lainnya. Seperti halnya Inbox Facebook, DM Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya.
Pihak lain yang berada dalam line yang sama juga akan menuliskan pesan yang ingin mereka sampaikan walaupun waktunya bersamaan. Dan ketika kedua pesan dari kedua arah tersebut dikirim, mereka tidak akan bertabrakan, dan bahkan akan sampai pada waktu yang sama satu dengan lainnya.

b. Video calling atau video messaging
Sama halnya seperti pesan teks, pesan video atau pun video calling bisa disebut sebagai jenis kommunikasi online sinkron. Pesan video memang hampir sama seperti pesan teks yang dilakukan tanpa bertatap muka langsung.

Namun ketika melakukan video calling kedua pihak akan bertatap muka. Berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk video calling contohnya adalah Whatsapp, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

c. Sound calling atau sound messaging
Panggilan suara merupakan jenis komunikasi yang sinkron, baik dilakukan dengan aplikasi messaging atau menggunakan aplikasi real time. Contohnya, anda bisa melakukan sound calling atau sound messaging  dari fitur telepon ponsel atau melalui Whatsapp dan Telegram.

2. Komunikasi Daring secara Asinkron
Jika komunikasi online secara sinkron mampu menyuguhkan fasilitas real time, berkebalikan dengan komunikasi online secara asinkron. Pada jenis komunikasi yang satu ini, orang-orang melakukan pemindahan informasi dalam waktu yang berbeda.

Biasanya, informasi akan disimpan terlebih dahulu oleh pemberi informasi pada fasilitas yang disediakan oleh internet sebelum akhirnya diterima oleh penerima informasi.

Contoh komunikasi daring secara asinkron
Walaupun jenis komunikasi yang satu ini tidak menyuguhkan fitur real time, namun kelebihannya memiliki fitur penundaan dan editing. Berbagai contoh jenis komunikasi secara asinkron adalah e-book yang dapat diunduh gratis di internet dan video yang dibuat oleh Vlogger di Youtube.

E-book yang dibuat oleh pembuat konten serta video yang telah diedit habis-habisan oleh Vlogger adalah contoh komunikasi tak langsung. Mereka menyajikan berbagai informasi yang sudah disempurnakan tanpa diketahui prosesnya oleh para pemirsa.

Contoh Aplikasi Komunikasi Daring yang biasa saat ini digunakan : 
  1. Skype adalah solusi komunikasi jarak jauh yang layak dicoba untuk tim kecil. Aplikasi keluaran Microsoft ini mendukung panggilan video hingga 25 slot pengguna, dengam seluruh fasilitas yang gratis untuk semua pengguna.
  2. Zoom Cloud Meeting : Zoom Cloud Meeting adalah opsi lain yang performanya cukup mumpuni. Zoom Cloud Meeting dapat menampung partisipan hingga 100 pengguna dalam single meeting. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio-only, video, dan text chatting. Namun versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat digunakan selama 30 menit saja.
  3. Cisco Webex Meetings : Cisco Webex Meetings juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak dirujuk belakangan ini terutama oleh kalangan pebisnis. Aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur menarik, termasuk slot-slot meeting yang dapat diatur dalam sekali tapping, layout video yang dapat disesuaikan, serta pengguna juga dapat mengatur penjadwalan rapat melalui aplikasi ini.
  4. Slack : Slack adalah aplikasi yang memiliki fitur komunikasi visual yang lengkap dan sangat menarik. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang cukup mudah, mirip seperti WhatsApp, karena pada dasarnya memiliki fungsi untuk mempermudah komunikasi dengan pengguna lain melalui pesan instan, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video berkelompok. Slack juga memiliki fitur Chat Group yang dilengkapi fitur pendukung percakapan lainnya. Melalui aplikasi ini pengguna dapat melakukan kerja-kerja pengarsipan serta dapat berbagi file/gambar/audio lebih lebih terorganisir. Slack juga telah terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox. 
  5. Microsoft Teams : Merespon pemintaan terkait dengan  kebutuhan aplikasi bisnis yang lebih 'advance' dari Skype, Microsoft mulai mempromosikan penggunaan Microsoft Teams untuk menjebatani berbagai agenda rapat  dan pertemuan kerja.  Microsoft Teams adalah aplikasi yang ditujukan untuk aktivitas pekerjaan kolaborasi digital. Sebagai wadah kerja kolaboratif, fitur perpesanan merupakan fitur utama yang ditawarkan oleh Microsoft Teams. Fitur ini juga telah terintegrasi dengan ragam perangkat lainnya. Sehingga pengguna dapat mengoptimalkan aneka ragam fitur pesan berbasis teks, audio, hingga audio visual via video call. Untuk kebutuhan rapat, Microsoft Teams juga dapat mengorganisir single meeting tampilan slot yang cukup representatif sehingga membuat conference call makin gampang dan nyaman
  6. Google Meet : Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Ini adalah salah satu dari dua aplikasi yang merupakan pengganti Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat. Google berencana untuk mulai menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019
Itulah Ilmu yang perlu kita ketahui bersama mengenai Komunikasi Daring (Online), Generasi muda saat ini harus bisa menggunakan apapun perkembangan tekonlogi yang ada saat ini termasuk komunikasi daring ini, Teknologi selalu berkembang dan tidak boleh kita ketinggalan zaman agar tidak kudet. Jangan Lupa untuk Follow Web dan berikan Saran Kritik yang membangun.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar