Pemrograman Dasar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai Pemrograman Dasar, sebelum kita menginjak sebuah projek setidaknya kita harus tahu mengenai dasar-dasar dari pemrograman dan poin apa saja yang harus diperhatikan di dalam pemrograman itu sendiri. 

Sistem komputer terdiri dari 3 komponen penting, yaitu Hardware, Software, dan Brainware (pengguna). Software terdiri dari kumpulan instruksi atau program untuk menjalankan perintah dari pengguna/user. Program komputer dibuat oleh programmer melalui proses pemrograman bahasa tertentu, dan bahasa pemrograman sebenarnya sama saja tetapi setiap bahasa pemrograman mempunyai kelebihannya masing-masing, untuk web develop, android/ios develop, dekstop develop, ataupun Ai.



ALUR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengkodean program atau sering disebut pemrograman tidak dilakukan begitu saja (secara spontan), melainkan dengan mengikuti perencanaan terstruktur yang sistematis. Langkah-langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan masalah pemrograman sebagai berikut. 
1. Definisi Permasalahan
Pembuatan sebuah program biasanya berdasarkan sebuah permasalahan. Program dibuat untuk membantu menyelesaikan sebuah permasalahan tertentu. Sebelum sebuah program terdesain dengan baik untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, masalah-masalah yang terjadi harus dapat diketahui dan terdefinisi dengan baik untuk mendapatkan detail persyaratan input dan output. Contoh pendefinisian masalah, yaitu "buatlah sebuah program yang akan menampilkan berapa kali sebuah nama tampil pada daftar"

2. Analisis dan perumusan pemecahan masalah
Setelah mendefinisikan masalah, langkah selanjutnya adalah memecahkan maslaah tersebut menjadi beberapa bagian kecil dan ringkas. 
a. Contoh masalah : menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama pada daftar.
b. Input program : wdaftar nama, nama yang akan dicari. 
c. Output program : jumlah kemunculan nama yang dicari. 

3. Desain algoritma dan representasi
Langkah selanjutnya yaitu membuat rumusan algoritma untuk penyelesaian masalah. Dalam pemrograman komputer, penyelesaian masalah didefinisikan dalam langkah demi langkah. Algoritma dapat direpresentasikan dalam bentuk bahasa natural, flowchart, atau pseudocode.

4. Pengkodean, Pengujian, dan Pembuatan Dokumentasi
Pengkodean (coding) adalah proses penerjemahan algoritma ke dalam bahasa pemrograman. Jadi, proses program mengacu pada algoritma yang sebelumnya sudah dibuat, agar program dapat dibuat sesuai rencana. Kode program dapat ditulis sesuai bahasa pemrograman yang dipilih. Setelah pengkodean selesai, langkah selanjutnya adalah  pengujian program tersebut apakah sudah berfungsi sesuai dengan tujuan program tersebut dibuat. Jika terdapat kesalahan-kesalahan atas logika program atau sering disebut bug, maka program tersebut perlu untuk dikaji ulang rumusan atau algoritma yang telah dibuat, kemudian melakukan perbaikan implementasi kode program yang mungkin salah. Proses ini disebut debugging, untuk memudahkan dalam memeriksa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya suatu program, maka perlu dibuat sebuah dokumentasi dari program yang dibuat. Dokumentasi tersebut dapat berupa informasi mulai dari tujuan dan fungsi program, algoritma serta acara penggunannya. 

BAHASA PEMROGRAMAN
Penulisan bahasa pemrograman sebagai alat komunikasi untuk memberikan perintah kepada komputer tidak berlaku kebebasan berekspresi seperti layaknya dalam menulisa dalam bahasa ilmiah. Penulisan bahasa pemrograman harus mengikuti aturan sintaksis masing-masing bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa Pemrograman yang umum digunakan oleh programmer adalah Javascript, PHP, Python yang saat ini tren untuk Ai, C++, C#, C, Java, HTML/CSS, Visual Basic .Net, dan lain-lain.

Berdasarkan kerumitan bahasanya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
1. Bahasa tingkat rendah
Bahasa tingkat rendah dirancang agar setiap instruktsinya langsung dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui penerjemah (translator), bahasa ini bersifat primitif, sangat sederhana, orientasinya lebih dekat ke mesin, dan sulit dipahami oleh manusia, contohnya yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly. Bahasa mesin ini biasanya menggunakan angka biner yaitu 0 dan 1.

2. Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi ini bahasa pemrograman yang dekat dan mudah dipahami oleh manusia, bahasa ini mempunyai ciri-ciri mudah dibaca, ditulis, maupun diperbaharui, contohnya yaitu bahasa BASIC, COBOL, C, C++, FORTRAN, Pascal dsb. 

Bahasa pemrograman tingkat tinggi harus di compile menggunakan compiler. Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program (source code) ke dalam bahasa objek. Compiler memerlukan waktu untuk membuat suatu program yang dapat dieksekusi oleh komputer, akan tetapi program diproduksi dengan compiler akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan program yang diproduksi dengan interpreter. Interpreter menganalisis dan mengeksekusi setiap baris dari program tanpa melihat program secara keseluruhan. Tanpa melalui kompilasi, interpreter biasanya digunakan pada pembuatan program berskala besar, contoh bahasa yang menggunakan interpreter yaitu Python. 


Perhatikan tabel berikut agar mudah untuk memahami perbedaan dari bahasa tingkat rendah dan tinggi. 

BAHASA TINGKAT RENDAH

BAHASA TINGKAT TINGGI

Lebih mendekati bahasa mesin

Lebih mendekati bahasa manusia

Berhubungan dengan register, alamat memori dan stack-stack panggilan

Berhubungan dengan variable, larik dan ekspresi aritmatika, atau aljabar boolean.

Cenderung untuk membuat kode yang lebih efisien

Cenderung untuk membuat pemrograman yang kompleks menjadi sederhana

Dirancang agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh computer, tanpa harus melalui penerjemah

Program tidak dapat langsung dilaksanakan oleh computer, harus diterjemahkan terlebih dahulu oleh compiler ke dalam bahasa mesin.


Baca juga : Peta Minda

Itulah sekilas mengenai pemrograman dasar dari dasar yang harus kita ketahui sebelum menginjak praktek yang sangat butuh ketelitian untuk membuat sebuah aplikasi dari baris-baris code komputer, Jangan Lupa untuk Follow Web akan ada artikel-artikel yang nantinya selalu up to date untuk kita semua dan jangan lupa berikan Saran Kritik yang membangun ya, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar