Definisi Desain Grafis dan Unsur Tata Letak Desain

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hello World, kali ini Saya akan berbagi ilmu mengenai pengertian desain grafis dan unsur tata letak desain yang perlu kita ketahui bersama mengenai dunia desain, kadang banyak orang berbicara desain grafis tetapi tidak mengetahui definisinya, maka dari itu mari kita simak artikel yang bermanfaat ini. 


PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain Grafis terdiri dari dua kata, yaitu desain dan grafis. Desain sebagai kata kerja diartikan sebagai proses untuk membuat dan menciptakan objek baru yang erat kaitannya dengan seni untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan desain sebagai kata benda dapat diartikan sebagai hasil akhir dari sebuah proses kreatif. Grafis dapat diartikan sebagai citra visual (image). Istilah "grafis" tidak sama dengan "grafik". Istilah grafik sudah dipakai untuk suatu grafis yang menghasilkan informasi data di mana di dalam bahasa Inggris disebut dengan "chart".

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori berikut.

  1. Percetakan (printing), termasuk desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Desain web untuk mendesain halaman web atau desain interaktif.
  3. Film, termasuk acara TV komersial, animasi, dan multimedia interaktif.
  4. Logo (identifikasi), EGD (Enviromental Graphic Design), adalah desain professional yang mencakup desain industri (iklan, branding, profil perusahaan, dan sebagainya)
  5. Desain Produk, kemasan produk, pemaketan, dan sebagainya. 
Software (Perangkat Lunak) Pendukung Desain Grafis
Proses pembuatan desain grafis dapat menggunakan cara manual (menggunakan tangan) dan dapat menggunakan komputer. Pembuatan desain grafis menggunakan komputer membutuhkan perangkat lunak grafis. Perangkat lunak grafis dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, antara lain perangkat lunak pengolah vektor, bitmap, dan tata letak (layout).

Berikut beberapa contoh perangkat lunak yang sering digunakan sebagai alat bantu desain :

1. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

2. CorelDraw
adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di ottawa, Kanada. CorelDraw merupakan software yang paling banyak digunakan oleh desainer vektor. Hal ini dikarenakan gambar yang dihasilkan lebih baik dari software lainnya. Namun, untuk menjalankan CorelDraw ini dibutuhkan resource memory yang banyak, karena semakin banyak fitur yang ada pada software tersebut maka semakin besar resource memory yang dibutuhkan. 

3. Inkscape 
merupakan perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas atau gratis di bawah lisensi GNU GPL. Perbedaan inkscape dengan perangkat lunak editor vektor lain yaitu menggunakan format SVG yang juga merupakan standar XML W3C. Selain bisa didapatkan secara gratis, ukuran yang dimiliki Inkscape juga relatif kecil sehingga cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

4. 3D Studio Max
adalah perangkat lunak komputer grafis untuk membuat animasi 3D, model dan gambar. Aplikasi ini dikembangkan dan diproduksi oleh Autodesk Media and Entertainment. Aplikasi ini sering digunakan oleh pengembang permainan video, studio TV komersial, studio visualisasi arsitektur dan dapat digunakan untuk memberi efek film. 

5. Adobe Ilustrator
Adobe Illustrator adalah editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator mirip dalam ruang lingkup, pasar yang dituju, dan fungsionalitas untuk pesaingnya, yaitu CorelDraw, Xara Designer Pro, dan Macromedia Freehand. 

6. Adobe InDesign
Adobe InDesign merupakan software gratis keluaran Adobe yang berfungsi untuk melakukan tugas pengaturan tata letak (layout). Software ini sangat cocok untuk layout karena memiliki fitur-fitur, seperti halaman yang berkelanjutan, tidak seperti CorelDraw yang harus pindah halaman ketika ingin pindah. Dalam Adobe InDesign, kita langsung bisa melihat semua halaman. Fungsi Adobe InDesign sangat penting terutama ketika bekerja dengan teks, gambar, dan layout. misalnya untuk mengerjakan desain layout halaman koran, majalah, atau buku yang memiliki banyak sekali halaman, dengan Adobe Indesign semua halaman akan terlihat dalam satu dokumen, sehingga mudah untuk pengaturan layout.

MACAM-MACAM UNSUR TATA LETAK DESAIN GRAFIS
Desain Grafis merupakan seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. Peletakan dan susunan unsur-unsur visual harus terkendali dengan baik agar memperjelas hierarki/tingkatan perhatian sasaran terhadap semua unsur yang ditampilkan. Berikut unsur tata letak dalam desain grafis : 
1. Garis (Line)
2. Ilustrasi
3. Tipografi
4. Warna
5. Gelap-Terang
6. Tekstur
7. Ruang (space)

Baca juga : Peta Minda

Itulah dasar dari desain grafis yang harus diketahui oleh desainer dengan adanya poin-poin di atas maka kita seharusnya bisa membuat desain semenarik mungkin karena desain memang sejatinya dilihat bukan didengar, Jangan Lupa untuk Follow Web akan ada artikel-artikel yang nantinya selalu up to date untuk kita semua dan jangan lupa berikan Saran Kritik yang membangun ya, Terima Kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar